Tips Perawatan Kesehatan Kuku Kaki

Tips Perawatan Kesehatan Kuku Kaki - Kuku adalah bagian dari tulang yang memiliki bentuk keras yang berada di ujung jari tetapi bukan dari protein. Kuku berfungsi sebagai pelindung ujung jari yang halus, tempat berkumpulnya saraf, rawan dan mudah rusak ketika terbentir benda keras, serta sebagai penguat indra peraba (kulit jari). Dibagian ujung kuku terdapat kulit ari yang berguna untuk melindungi kotoran yang masuk kedalam kuku, juga banyak terdapat pembuluh kapiler sehingga pada ujung kuku terlihat warna merah sedangkan pangkal kuku terlihat berwarna putih susu.

Tips Perawatan Kesehatan Kuku Kaki

Kuku kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat sering dan mudah dihinggapi jamur karena selalu terselimuti kaos kaki dan sepatu. Hal tersebut menyebabkan kondisi kuku kaki menjadi lembab, hangat, dan gelap sehingga jamur mudah tumbuh pada bagian dan kondisi ini. Kondisi tersebut juga membuat kuku kaki mudah mengalami kerusakan sehingga kuku kaki menjadi tidak sehat. Oleh karena itu sangat penting merawat kesehatan kuku kaki agar terhindar dari kerusakan. Sama halnya dengan kuku kaki, memiliki kuku yang sehat, cantik, dan mengkilau adalah idaman bagi setiap orang terutama bagi wanita. 

Kebanyakan wanita lebih suka pergi ke salon maupun klinik kecantikan untk melakukan perawatan kesehatan kuku kaki. Namun bagi kamu yang tidak suka pergi ke salon maupun klinik kecantikan dan tidak memiliki waktu untuk pergi kesana, kamu dapat melakukannya dirumah beramai-ramai dengan keluarga, teman, sahabat, maupun sendiri. Kamu dapat browsing atau membaca beberapa majalah mengenai tips perawatan kesehatan kuku kaki yang dapat diterapkan. 

Dibawah ini beberapa tips perawatan kesehatan kuku kaki yang bisa anda jadikan referensi dan patut anda coba, yaitu:

1. Menjaga dan mengontrol kebersihan kuku.

Menjaga dan mengontrol agar kuku tetap bersih sangat penting dilakuan untuk menghindari jamur kuku maupun bakteri/kotoran pada kuku kaki. Pastikan anda memotong kuku secara rutin dan berkala agar kuku tidak rawan patah serta tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Bersihkan area sekitar kuku dengan sikat khusus kuku atau dengan alat pembersih kuku yang aman untuk bagian dalam kuku.

2. Memastikan tidak memotong kutikula yang berfungsi sebagai penahan kuku kaki alami agar terhindar dari infeksi.

3. Menggunakan stik khusus untuk mendorong kutikula secara lembut.

4. Merendam jari kaki sambil dipijat selama dan disikat 10 menit dalam campuran air hangat dengan perasan jeruk nipis, olive oil, garam, dan kelopak mawar. Hal tersebut bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

5. Mengeringkan jari kaki dengan handuk kering bersih. 

6. Memakai scrub secara menyeluruh dan merata.

7. Membersihkan kuku kaki dan telapak kaki dengan air hangat lalu dikeringkan dengan handuk.

8. Bila suka memakai cat kuku maka pastikan keamanan penggunaan cat kuku andabeserta nail removernya juga jangan malas membersihkan cat kuku anda.

Kalian juga dapat menjalankan tips perawatan kesehatan kuku kaki lain dengan penggunaan bahan alami seperti mengoleskan tea tree oil, minyak zaitun, aloe vera, dan pepaya. Beberapa bahan alami tersebut dipercaya mampu membantu merawat kesehatan kuku kaki dan mencegah terjadinya kerusakan kuku kaki. Bila kuku lali anda berjamur, anda dapat menyemprotkan cuka pada bagian kuku kaki yang terdapat jamur kemudian tunggu beberapa saat. Dijamin kuman dan bakteri serta jamur akan hilang dari kuku kaki anda.

Selain melakukan tips perawatan kesehatan kuku kaki diatas yang merupakan perawatan luar, ada baiknya anda juga mencukupi kebutuhan gizi untuk kesehatan kuku kaki anda, seperti kebutuhan vitamin A, zinc, vitamin B12, kalsium, dan asam lemak.

Selamat mencoba!




Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Tips Perawatan Kesehatan Kuku Kaki"

  1. Semoga Artikel yang berisi Tentang Informasi Tips Perawatan Kesehatan Kuku Kaki ini dapat bermanfaat.

    ReplyDelete