Tips Perawatan Kesehatan Sendi

Tips Perawatan Kesehatan Sendi - Sendi merupakan penghubung tulang dan membantu kita untuk bergerak. Mengingat fungsinya yang sangat penting apalagi untuk orang yang mempunyai mobilitas tinggi, menjaga kesehatan sendi sangat diperlukan sebelum berbagai penyakit sendi menghalangi aktifitas. 

Banyak faktor yang membuat sakit pada sendi, beberapa di antaranya yaitu usia, beban yang berat, atau posisi yang salah. Nyeri sendi dan radang sendi merupakan penyakit yang banyak dijumpai. Radang sendi biasanya di alami orang usia lanjut dan wanita. Terjadi pembengkakan sehingga sendi meradang akibat produksi asam urat yang berlebihan. Penyebab lainnya yaitu kekebalan tubuh yang menurun sehingga sendi rawan mengalami infeksi yang berujung pada radang sendi.

Tips Perawatan Kesehatan Sendi

Nyeri sendi atau sering disebut pengapuran bukan hal yang jarang terjadi. Pengapuran yaitu suatu kondisi dimana bantalan tulang rawan mengalami penipisan, yang menyebabkan rasa sakit saat tulang-tulang bergesekan. Disebabkan oleh usia tua, konsumsi nutrisi yang tidak tepat, atau trauma cidera. 

Sebelum sesuatu yang buruk mengancam kesehatan sendi, lebih baik melakukan pencegahan-penceharan. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan sebagai tips perawatan kesehatan sendi:

1. Jaga pola makan

Menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan yang akan mendukung nutrisi yang diperlukan sendi. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D. Seperti susu, yogurt, keju, lemak ikan, telur, dan kacang-kacangan. Namun tetap konsumsi dengan porsi yang tepat agar justru tidak menimbulkan masalah lain seperti terlalu banyak minum susu sehingga terjadi penumpukan lemak, atau telur dan kacang-kacangan yang dapat menimbulkan reaksi alergi. Umbi-umbian seperti singkong juga kaya akan pro Vitamin D.

Untuk usia lanjut bisa mengurangi resiko penyakit sendi dengan mengkonsumsi susu yang kaya akan glukosamin sebagai nutrisi pendukung tulang dan sendi.

2. Lakukan latihan secara teratur

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Tips perawatan kesehatan sendi yang selanjutnya yaitu melakukan olah raga rutin. Olah raga sebaiknya dilakukan di luar ruangan pada pagi hari supaya sinar matahari pagi bisa mengaktifkan pro vitamin D menjadi vitamin D. Sinar matahari yang baik pada pukul 7 sampai 9 pagi. 

3. Istirahat yang cukup

Tips perawatan kesehatan sendi lainnya yaitu memberi waktu sendi untuk beristirahat akan membuatnya pulih kembali apalagi setelah melakukan aktifitas berat seperti mengangkat barang berat atau naik-turun tangga. 

4. Berhati-hati dalam bergerak

Dalam bergerak pula harus berhati-hati, seperti posisi kaki saat berlari, melompat atau duduk jika tidak ingin terjadi nyeri sendi. Gunakan alas kaki yang baik untuk menjaga kesehatan sendi pergelangan kaki. Jika terlalu lama duduk, maka sesekali berdiri dan berjalan-jalan kecil dan sebaliknya. Hal ini supaya sendi, tulang dan otot bisa kembali rileks dan terhindar dari stress.

Jangan lakukan gerakan pada sendi yang mengakibatkan sendi berbunyi. Banyak orang beranggapan gerakan yang mengakibatkan bunyi pada sendi ini sebagai cara melepas ketengangan pada sendi. Namun, hal ini justru membuat minyak disekitar sendi berkurang. Selain itu beresiko terjadi pergeseran tulang dari sendi.

Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk mencegah suatu penyakit. Selagi bisa di cegah, tidak ada salahnya melakukannya. Kesehatan penting sekali untuk tetap bisa beraktifitas seperti biasa. Mengingat fungsi sendi yang sangat penting bagi kesehatan, maka sangat penting untuk menjaga kesehatan sendi. Penyakit sendi akan membuat pergerakan terasa menyakitkan dan tidak nyaman. Semoga ulasan tentang tips perawatan kesehatan sendi diatas dapat bermanfaat.




Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Tips Perawatan Kesehatan Sendi"

  1. Semoga Artikel yang berisi Tentang Informasi Tips Perawatan Kesehatan Sendi ini dapat bermanfaat.

    ReplyDelete